Beranda | Artikel
Cara Kerja Otak Manusia
Senin, 26 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Cara Kerja Otak Manusia merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 24 Dzulqa’dah 1444 H / 13 Juni 2023 M.

Kajian Tentang Cara Kerja Otak Manusia

Cara kerja otak manusia telah diteliti dan terbukti bahwa otak merekam semua yang masuk ke dalamnya. Mata dan telinga berperan sebagai media untuk mengirimkan informasi ke otak. Informasi yang dikirim ke otak ini akan membentuk cara kerjanya. Oleh karena itu penting bagi seorang mukmin untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap apa yang masuk ke dalam otaknya.

Salah satu aspek dharuriyyatulkhams adalah menjaga akal, baik dari kerusakan secara fisik (maka kita tidak boleh memukul kepala karena bisa membahayakan otak), demikian juga kita tidak boleh merusak otak dengan minuman keras, narkoba. Demikian juga hal-hal yang bisa merusak melalui pandangan mata dan pendengaran telinga.

Maka perhatikanlah hikmah syariat yang memerintahkan setiap mukmin agar selalu menjaga pandangan, pendengaran, dan hati dari perkara-perkara yang tidak patut yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semakin sering seseorang melanggar perintah Allah dengan tidak menjaga pandangan serta pendengarannya, maka hatinya akan semakin keras.

Oleh karena itu, dilarang untuk mendengarkan syubhat ahli bid’ah yang merusak otak. Demikian juga kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan agar dapat menjaga kebersihan otak, pikiran, dan akal. Jika seseorang selalu melayangkan pandangannya kepada apa saja yang ingin dilihatnya, maka hatinya akan terganggu dan otaknya akan rusak, karena informasi-informasi yang dikirimkan ke otak adalah informasi yang rusak dan kotor.

Allah menyatakan dalam Al-Qur’an:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra`[17]: 36)

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk menyampaikan informasi yang positif kepada anak-anak sejak usia dini, ini akan menjadi data yang membangun kepribadian anak. Terutama informasi yang berkaitan dengan aqidah (tentang Allah, malaikat, kitab-kitab suci, para nabi dan rasul, hari kiamat, dan takdir). Selain itu, juga penting untuk menanamkan karakter yang baik dan akhlak yang mulia serta membiasakan anak mendengarkan hal-hal yang bermanfaat dan menjauhkan mereka dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Orang tua juga harus membentengi anak-anak dari informasi yang merusak, data-data sampah yang dapat membawa pengaruh negatif secara permanen. Apalagi hari ini, teknologi informasi dan media sosial telah sangat maju, dan informasi dapat menyebar dengan cepat hingga ke tangan anak-anak.

Oleh karena itu, anak-anak sering terpapar informasi yang tidak bermanfaat atau bahkan hoaks. Anak-anak -terutama remaja- yang belum memiliki filter, cenderung menyerap semua informasi tanpa menyaringnya. Hal ini dapat mempengaruhi cara kerja akal mereka. Oleh karena itu, orang tua harus melindungi anak-anak dari informasi yang merusak dan mengisi otak mereka dengan data yang membangun.

Kesimpulannya, sangat penting untuk melindungi pendengaran dan penglihatan kita dari informasi yang merusak atau negatif. Apalagi saat ini dengan kemajuan teknologi informasi, kita sering terpapar oleh berita dan video yang tidak bermanfaat. Terlebih lagi, anak-anak dan remaja yang penasarannya tinggi rentan terpengaruh oleh informasi yang tidak baik. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk melindungi akal kita dan menghindari informasi sampah yang dapat mengganggu pikiran dan ketenangan hati.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53006-cara-kerja-otak-manusia/